Sabtu, 29 Juni 2013

MANFAAT RAMBUTAN

 
Rambutan (Nephelii lappacei) adalah buah berwarna merah dengan banyak rambut yang menutupi seluruh buahnya. Buah ini termasuk tanaman tropis dan tergolong dalam suku lerak-lerakan (sapindaceae). Rambutan termasuk buah musiman, berbuah antara bulan Desember sampai pertengahan Februari. Cara mengembang biakannya sangatlah muda bisa dengan menanam bijinya atau dengan cara mencangkok.

Banyak orang yang menyukai buah rambutan tetapi banyak juga yang belum tahu manfaat yang terkandung dalam buah ini. Banyak manfaat yang terkandung pada buah ini yakni kaya akan karbohindrat, protein, lemak fosfor, kalsium, zat besi dan vitamin C. Dan ternyata tidak hanya buahnya saja yang memiliki manfaat tetapi biji, kulit serta daunnya pun memiliki manfaat yang berguna bagi kesehatan tubuh manusia.
Berikut ini kandungan serta manfaat yang terkandung dalam tanaman rambutan.
1.    Buah Rambutan
Seperti yang sudah di sebutkan tadi buah rambutan mengandung beberapa kandungan penting bagi tubuh manusia salah satunya karbohidrat. Sebagian besar kalori yang dimiliki buah rambutan berasal dari kandungan kabohidrat tadi sehingga rambutan termasuk buah yang rendah lemak. Setiap 100 gram (sekitar 3 buah) rambutan mengandung 84 kalori serta mengandung 40% asupan harian Vitamin C yang dibutuhkan tubuh manusia. Jadi buah rambutan ini cocok dikonsumsi buat anda yang sedang menjalani program diet atau menjaga berat badan.
2.    Kulit Rambutan
Kandungan yang ada pada kulit buah rambutan adalah tanin dan saponin. Kulit rambutan ini bisa digunakan sebagai obat diare dan juga demam. Untuk diare caranya bersihkan 10 buah kulit rambutan lalu potong dadu, masak dengan tiga gelas air. Biarkan mendidih hingga airnya tersisa setengah dan dinginkan. Minumlah 2 kali sehari dengan takaran tiga per empat gelas. Jangan lupa sebelum diminum rebusan tadi disaring terlebih dahulu. Sedangkan untuk obat demam terlebih dahulu kita keringkan 15 gr kulit rambutan lalu di cuci dan direbus dengan air sebanyak tiga gelas selama 15 menit. Setelah mendidih, dinginkan dan saring lalu minumlah 3 kali sehari dengan takaran sepertiga gelas.
3.    Biji Rambutan
Biji dari buah rambutan mengandung lemak dan polifenol. Biji buah rambutan ini juga berkhasiat sebagai obat diabetes atau kencing manis. Pilih lima biji buah ramabutan dan sangrai, lalu giling hingga halus menyerupai serbuk. Serbuk tadi seduh dengan satu cangkir air panas dan minumlah setelah didingankan, minumlah 1-2 kali sehari.
4.    Daun Rambutan
Pada daun rambutan terkandung kandungan yang sama dengan kulit buah rambutan, namun khasiatnya berbeda. Khasiatnya adalah untuk menghitamkan rambut yang beruban. Caranya ambil daun rambutan secukupnya lalu cuci dan tumbuk hingga halus. Tambahkan sedikit air dan aduk hingga rata seperti bubur lalu diperas dan disaring. Air dari perasan tadi gunakanlah pada rambut anda. Lakukanlah setiap harinya hingga terlihat hasil yang diinginkan.
5.    Kulit Batang Pohon Rambutan
Kulit batang rambutan mengandung tanin, saponin, flavonida, pectic substance dan zat besi. Khasiat dari kulit batang rambutan adalah untuk mengobati sariawan. Tiga ruas kulit batang rambutan dicuci dan direbus dengan dua gelas air hingga mendidih. Gunakan air tersebut untuk berkumur selagi masih hangat.

From : http://ruangcantik.com/2013/03/manfaat-dari-rambutan/

0 komentar:

Posting Komentar